Friday, September 21, 2018

Pemko Banjarmasin Menggelar Olahraga Tradisional Untuk Pelajar

BANJARMASIN – Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina  membuka kegiatan Lomba Olahraga dan Permainan Tradisional Tingkat SD dan SMP se Kota Banjarmasin di kawasan Taman Kamboja Banjarmasin pada hari Sabtu tanggal 15 September 2018.




Kegiatan yang diikuti ratusan orang siswa dan siswi tersebut menyajikan beragam permainan dan olahraga tradisional, diantaranya, Bakiak, Gasing, Asinan, Balogo, Enggrang dan tarik tambang.

Dikatakannya, kompetisi olahraga tersebut bertujuan agar anak-anak di kota ini mengetahui permainan dan lomba-lomba tradisional yang pernah ada di Bumi Kayuh Baimbai.

“Jangan sampai anak-anak kita hanya tau game online atau permainan olahraga di gadget saja, sementara mereka tidak tau apa itu bakiyak, bagasing, enggrang, balogo, asinan, tarik tabang dan sebagainya, jangan sampai itu terjadi. Kita tidak ingin generasi Kota Banjarmasin yang usia sekolah tidak mengetahui kearifan budaya lokalnya,” tuturnya

Makanya, lanjutnya, diharapkan melalui kegiatan ini dapat memperkenalkan dan melestarikan olahraga dan permainan tradisional beserta kearifan lokal Kota Banjarmasin dan budaya banjar.(Dispora-Bjm)

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search