Monday, December 3, 2018

Lomba Balap Jukung Tradisional Tahun 2018

BANJARMASIN -Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin menggelar Lomba Balap Jukung Tradisional pada hari sabtu tanggal 15 Desember 2018 bertempat di Sungai Martapura depan Siring Menara Pandang.

Lomba yang digelar memadukan unsur seni budaya sungai dari berbagai daerah di Indonesia yang terkenal dengan budaya sungai. Dan juga diisi budaya Sungai Musi Palembang, Sungai Bengawan Solo Jawa Tengah, Sungai Citarum Jawa Barat, Sungai Kapuas Kalimantan Tengah, Sungai Martapura Kalimantan Selatan.

Lomba balap jukung tradisional diikuti oleh 96 tim jukung tradisional dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan, setiap jukung diisi masing-masing 6 orang.

Dalam sambutan Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina sekaligus membuka secara resmi Lomba Balap Jukung, Walikota Banjarmasin berharap kegiatan Lomba Balap Jukung Tradisional dapat berlangsung setiap tahunnya dan dapat mengundang tim-tim dari luar Kalimantan Selatan.

“Mudah-mudahan tahun depan semakin banyak lagi peserta yang ikut, kemudian kita juga akan mengundang komunitas-komunitas sungai dari seluruh nusantara, bahkan tahun depan kita sudah ada merencanakan juga untuk mengundang beberapa komunitas sungai dari asia pasifik,” pungkasnya.

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Doyo Pudjadi dalam laporannya mengatakan, tujuan yang ingin diraih dan ingin dicapai dalam kegiatan tersebut adalah mendukung pemberdayaan Sungai Martapura sebagai salah satu objek wisata dengan sport tourism, “Kami laporkan bahwa peserta pada kesempatan kali ini meningkat pesat tercatat ada 96 regu atau tim yang berasal dari berbagai kota di Kalsel. Totalnya ada 96 regu,” ucapnya.





Hadir juga dalam kegiatan tersebut Wakil Walikota Banjarmasin H. Hermansyah, Jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin, Kepala SKPD di Lingkup Kota Banjaramsin.(Dispora-Bjm)

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search